Wisata Curug Capolaga Subang

Wisata Curug Capolaga Subang – Curug Capolaga menurut orang Sunda atau yang lebih di kenal dengan air terjun Capolaga ini seringnya di sebutnya Capolaga Adventure Camp juga oleh para pengunjung, karena selain tempat rekreasi pemandian air terjun. Capolaga ini termasuk tempat untuk kemping juga, pengunjung dapat menginap dengan berkemah di kawasan air terjun ini.

Tempat wisata ini merupakan salah satu curug yang terkenal akan keindahannya, suasananya juga masih asri. Udaranya yang sejuk menjadikan tempat wisata ini semakin segar jika terhirup alami oleh para wisatawan. Maka tidak heran tempat wisata ini dapat julukan surganya tempat wisata kedua setelah Wisata Gunung Tangkuban Perahu, bedanya Curug ini menyajikan air terjun yang indah dan kamu dapat turun berendam di aliran air terjun tersebut.

Lokasi Wisata Curug Capolaga Subang

Air terjun dan Curug Capolaga

Tepat bersebrangan pada pertigaan lokasi tempat Wisata Pemandian Air Panas Ciater, dengan jarak sekitar 3 km dari jalan utama, mengikuti jalan menurun di pinggir jalan akan terpampang jelas papan lokasi yang bertuliskan yaitu Wisata Curug Capolaga.

Objek wisata ini berlokasi yang tepatnya berada di jl. Raya Cicadas, Kampung Panaruban, Desa Cicadas, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa barat.

Pesona Indahnya Wisata Curug Capolaga Subang

Wisata alam Subang ini memiliki khas kalimat dengan bunyi “Gembira Bersama Alam” yang di cetuskan oleh pengelola di curug tersebut mempunyai lingkungan alam yang sangat eksotis, segar dan mempesona. Area seluas 10 hektar ini terdapat 3 jenis air terjun (Curug) yang masih sangat alami dalam 1 tempat objek wisata.

Tiga Curug di Area Capolaga

  • Curug Karembong, yang artinya Selendang ini memiliki keindahan serta keistimewaan. Mengapa di namakan Karembong atau selendang? Karena memang keindahan air yang mengalir jatuh tersebut menyeruai Selendang.
  • Curug sawer, kemudian dari Curug Karembong mengalirkan air menuju curug yang di namakan sawer. Curug tersebut di namakan karena dari bawah telah menerima tumpahan air dari curug karembong. Pada curug sawer ini cukup menyediakan cukup luas dan lebar dangat cocok di gunakan untuk bermainnya anak – anak karena memang di curug sawer ini airnya tidak terlalu dalam.
  • yang terakhir paling ujung ada Curug Goa badak, Curug ini mempunyai ketinggian sekitar 8 Meter, di curug ini memiliki area kolam untuk menampung air, sehingga air yang di alirkan dari curug sawer tersebut telah tertampung di curug ini, sehingga di kolam ini sangat cocok untuk kamu berenang dengan leluasa.
Baca Juga:  Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Kemudian tidak hanya menyajikan curug yang indah, namun juga air yang mengalir dari air terjun tersebut sangat jernih. Pada setiap aliran sungainya terdapat bebatuan dan sport foto yang menjanjikan instagramable. Pada area lapangnya juga cukup luas untuk berkemah dan tersedia area bermain anak yang cukup banyak dan luas.

Fasilitas di Curug Capolaga

Selain itu, di Curug Capolaga ini menyediakan banyak fasilitas untuk pengunjung yang datang. Di antaranya yaitu:

1. Tempat parkir yang luas dan aman

Fasilitas nomor satu karena tanpa adanya tempat parkir yang luas dan keamanan yang memadai pengunjung pun akan terasa nyaman selama berekreasi karena tidak akan berfikiran tentang kendaraan pribadi yang terparkir di luar.

2. Menyediakan catering

Kantin dan warung. Namanya juga di tempat rekreasi pasti di sediakan tempat makan dan minuman, apalagi di tempat wisata curug ini yang di fasilitasi untuk bisa menginap dipastikan kamu tidak akan kelaparan sampai liburan kamu telah selesai.

3. Homestay

Tempat wisata ini memperbolehkan untuk wisatawan bermalam di area curug, mempunyai camping ground yaitu di lokasi hutan pinus, dekat curug maupun di inggir sungai yang mengalir. Pada Spot foto yang paling favorit yaitu di pinggir sungainya, karena wisatawan yang bermalam dapat tidur sambil menikmati gemerciknya air yang mengalir dai curug.

4. Menyediakan sewaan perlengkapan untuk berkemah

Apabila kamu ingin bermalam tetapi tidak membawa perlengkapannya, jangan khawatir karena di tempat wisata ini juga menyediakan sewaan dari mulai lampu patromax, tenda, terpal, karpet, senter, dan lain – lain.

5. Outbond

Merupakan kegiatan yang cocok untuk pengunjung. Selain bermain juga sebagai mempererat kebersamaan, outbond di lingkungan terbuka seperti tempat wisata ini akan memberikan kesan tersendiri, sebagai mengobat penat juga, sebagai merileksasikan badan. Seperti yang di harapkan datang ke tempat wisata untuk menyegarkan suasana hati.

Fasilitas Lainnya

Toilet, kamar mandi, kolam renang, tempat ibadah dan masih banyak lagi fasilitas lainnya. Dan istimewanya di curug ini juga banyak sekali calon pengantin yang melakukan prawedding.

Baca Juga:  Wisata Curug Cibareubeuy

Selain bermain air, di curug ini banyak sekali yang bisa kamu lakukan untuk menikmati liburan bersama keluarga di curug ini, karena aman juga untuk membawa sanak keluarga. Terutama untuk anak – anak, di pastikan akan betah berkunjung di curug ini karena begitu banyaknya spot bermain di area curug. Alamnya yang indah di lengkapi dengan menyediakan spot foto instagenic ini akan menjadikan recomended untuk para pemburu potret.

Biaya Tiket Masuk & tempat Parkir Wisata Curug Capolaga

Untuk Biaya tiket masuk area curug di perbatasan subang dan lembang tersebut terbilang sangat terjangkau dan murah meriah untuk para pengunjung domestik dan juga internasional.

Biaya Tiket Masuk Wisata Curug Capolaga Subang

Biaya tiket masuk ke tempat wisata ini apabila kamu datang akan di kenakan biaya sebesar Rp. 15.000 per-orang untuk weekday yaitu di hari senin-jumat, sedangkan untuk Weekend seperti harisabtu dan minggu serta hari libur nasional di kenakan biaya sebesar Rp. 17.000 per-orang.

Biaya Parkir Kendaraan Wisata Curug Capolaga Subang

Kemudian biaya parkir mobil yaitu Rp. 10.000, dan apabila kamu datang menggunakan motor biaya parkirnya sebesar Rp.5.000.

Kemudian di jam operasional tempat wisata ini dari pukul 08.00 – 16.00 WIB

Tips berwisata ke Curug Capolaga

Sensasi keseruan liburan keluarga bisa kamu nikmati dan rasakan akan lebih menyenangkan di curug ini, apabila mengetahui beberapa Tips berikut:

Luangkan waktu yang menurut kamu terbaik untuk berkunjungke tempat wisata ini, yaitu pada pagi hari di saat cuaca masih bagus dan alami.

Datang bersama keluargaatau bersama teman – teman tercinta, agar suasana liburan kamu lebih seru dan menyenangkan.

Tidak di sarankan datang pada musim hujan, karena ketika datang setelah hujan maupun sedang hujan. Maka air terjun yang turun akan terlihat keruh dan tidak enak jika di buat berenang.

Penutup

Bagaimana? Demikianlah artikel yang bisa kami sampaikan tentang wisata air terjun curug capolaga Subang, semoga akhir pekan kalian menyenangkan.

Leave a Comment