Wisata Curug Cijalu Subang

Wisata Curug Cijalu Subang – Secara Geografis Subang di bagi menjadi tiga wilayah, yakni Subang utara, tengah dan selatan. Subang utara meliputi dataran yang mengarah pada perairan langsung ke laut jawa, lalu wilayah tengah juga termasuk dataran rendah, kemudian wilayah Subang Selatan termasuk pada dataran tinggi atau pegunungan.

 

Pada wilayah selatan sebagian besar warganya terjun langsung dalam mengelola perkebunan, baik perkebunan ladang milik negara atau pun milik rakyat itu sendiri, selain itu juga ada berupa hutan dan di sulapnya tempat wisata yang menarik.

Tempat wisata pada wilayah pegunungan sangat di minati semua kalangan, apa lagi pada wilayah subang ini yang sangat di kenal dengan lokasi wisata alamnya yang menakjubkan. Wisata di alam bebas sangat di incar wisatawan kota, khususnya dari mereka yang menginginkan ketenangan dalam berekreasi untuk melepas penat. Seperti halnya melihat keindahan air tumpahan dari atas, misalnya seperti mengunjungi Curug Cijalu.

Tentang curug cijalu

Curug Cijalu adalah Wisata air terjun di alam bebas yang termasuk dalam area cagar alam Gunung Burangrang, yaitu tepatnya di Desa Cipancar, Kecamatan Serangpanjang. Tepatnya berada pada tapal batas barat-selatan yaitu perbatasan antara Subang dan Purwakarta. Curug ini memiliki ketinggian curah air mencapai 70 meter, dan berada di ketinggian 1.300 mdpl dari permukaan laut. Ketika hari cerah, dari ketinggian curug ini akan terlihat kota Subang, Purwakarta dan juga waduk jati luhur. Curug ini juga di resmikan untuk umum sejak tanggal 1 September 1984. Cukup lama juga ya, kamu berminat untuk berwisata ke Curug Cijalu tersebut?yuk kita simak lebih jauh mengenai curug tersebut dengan ulasan berikut ini.
Harga Tiket dan jam Operasional Wisata Curug Cijalu
Untuk dapat menikmati keindahan alam yang di pancarkan Curug Cijalu Subang ini, kamu jangan khawatir untuk mengeluarkan biaya mahal. Karena di curug ini sangat minim biaya untuk pembelian tiket masuk. Kamu hanya cukup membayar tiket seharga.
Untuk tiket orang dan kendaraan
Rp. 20.000 untuk motor dan 1 orang
Rp. 35.000 untuk motor dan 2 orang
Rp. 15.000 Untuk bus
Rp. 10.000 untuk mobil pribadi/carry mini
Untuk biaya masuk per-orangnya kamu hanya membayar sebesar Rp. 15.000 rupiah saja.
Terjangkau bukan? Dengan biaya begitu murahnya kamu dapat puas dalam berwisata untuk memanjakan mata.
Untuk jam operasional wisata Curug Cijalu ini buka setiap hari yaitu di jam 07.30 – 17.00 WIB. Kamu dapat menikmati wisata air terjun ini dengan santai di temani jatuhan air dari atas bukit.
Ragam Wisata Alam Curug Cijalu
Untuk mencapai lokasi Curug, kamu harus menelusuri jalan dengan berjalan kaki dengan jarak 300 meter dari tempat parkir, walau pun jalan yang di lalui sedikit berbatu namun tracking ini di bilang cukup mudah dan aman. Di sepanjang jalan kamu akan di hadirkan dengan pemandangan alam yang sangat luar biasa. Dengan udara yang sangat sejuk walau pun sekilas menghantarkan cuaca panas namun udara yang terhirup terasa menyejukan.
Curug yang memiliki ketinggian lebih dari 25 meter ini mengalirkan debit air yang cukup deras. Sehingga kamu yang datang sebagai wisatawan akan terpesona melihat keindahan tersebut, recomended sekali bukan? Untuk berlibur, penat dan bosannya pekerjaan di rumah seketika akan hilang ketika kamu datang berwisata di Curug Cijalu Subang jawa barat ini. Air yang berjatuhan dari atas bukit sangat jernih dan segar sebab air tersebut berasal dari mata air langsung dari pegunungan. Dari jatuhan air terjun tersebut di bawahnya terdapat kolam yang lumayan besar, kamu bisa melakukan aktifitas berendam atau hanya bermain air di sekitar kolam tersebut. Dan banyak lagi ragam aktivitas kamu selama berwisata di curug cijalu ini. Tidak hanya itu, kamu juga akan menemukan berberapa area yang saat berada disana, di antaranya:
1. Menikmati indahnya Curug Putri
Ketika awal masuk menuju Curug, dari area parkir sekitar jarak 100 meter kamu akan menemukan Curug Putri atau biasa di sebut juga dengan nama Curug Jalu. Curug tersebut memiliki ketinggian sekitar 30 meter, dengan mengalirkan air yang tidak terlalu kencang. Pada sekitar areanya terdapat bebatuan yang berhamburan menghiasai kolam kecil Curug Putri tersebut. Air yang mengalir pun tidak kalah jernih dan segar, pada sekitarannya terdapat pepohonan yang rindang menjadikan suasana juga semakin sejuk.
2. Bermain Air
Kurang afdol rasanya apabila berwisata ke air terjun tidak turun untuk sekedar bermain air, walaupun kamu tidak berenang setidaknya untuk dapat merasakan segarnya kejernihan air langsung dari mata air pegunungan. Aktivitas tersebut bisa kamu lakukan di area Curug Putri atau Curug Jalu.
Namun wisatawan kebanyakan lebih memilih bermain air di lokasi Curug Cijalu, di karenakan Curug Cijalu ini memiliki kolam yang lumayan luas dan lebar. Selain itu juga di kolam curug cijalu ini juga memiliki kedalaman yang berbeda, dengan kamu semakin mendekat ke aliran air terjun makan semakin dalam pula kedalaman airnya.
Namun jangan khawatir, kedalaman kolamnya masih di batas aman, kedalamannya mencapai setinggi dada orang dewasa. Apabila kamu membawa anak kecil cukuo awasi baik – baik saja untuk tidak menuju ke area kolam yang dalam.
3. Spot foto
Di sepanjang perjalanan menuju Curug sampai pada lokasi pun akan di suguhkan pepohonan yang rindang dan hijaunya hamparan perkebunan teh, sesekali kamu mendapati tanaman hias bunga yang cantik. Kamu bisa mengabadikan menjadi foto atau video tanpa merusaknya.
Sebelum sampai dilokasi Curug Cijalu maupun Curug Putri pada perjalanan setapaknya akan berdindingkan bebatuan yang lembab dan terdengar deburan air jatuh, hal itu bertandakan air terjun semakin dekat. Hal tersebut bisa kamu abadikan dalam video dan berfoto.
4. Bertenda
Apabila kamu kurang puas hanya beberapa jam saja di tempat wisata ini, kamu juga dapat menikmati malam di Curug Cijalu dengan mendirikan tenda. Karena telah sediakannya tempat untuk mendirikan tenda, lokasi camping ini tidak begitu jauh dari air terjun, tetapi lokasi camping ini tidak jauh dari pintu masuk. Selain tempatnya luas dan datar, di tanah lapang yang di sediakan untuk berkemah ini kamu akan merasa aman karena jauh dari tebing yang membahayakan.
Menikmati malam yang sejuk dan di hiasi berbagai macam suara burung yang terbang, kamu tidak akan merasa kesepian, karena setiap harinya ada saja yang bermalam disini. Terutama pada weekend wisatawan yang datang pasti berniatkan untuk bermalam di curug. Dan kamu hanya cukup membayarnya sekitar Rp. 20.000 saja untuk permalam.
Legenda Dan Mitos Curug Cijalu
Konon dulunya di lokasi Curug ini di namakan Curug Cikondang, pada waktu itu telah datang seorang pendekar yang sakti mandraguna lalu menempati dan menetap di sana. Karena kesaktiannya pendekar terebut musnah tanpa jejak, dengan begitu curug pun berubah nama menjadi Curug Cijalu. Yang artinya, dalam bahasa Sunda Curug adalah air terjun, lalu Ci yaitu Air dan jalu yaitu laki – laki.
Pada sekitar Curug Cijalu tersebut terdapat air terjun lebih rendah dari curug cijalu dnegan aliran air yang lebih kecil, yaitu Curug Putri. Orang sekitar meyakini bahwa Curug Putri dan Curug Cijalu tersebut adalah sepasang kekasih. Dimana Curug Cijalu tersebut sebagai laki – laki dan Curug Putri merupakan perempuannya.
Dari cerita tersebut maka muncullah mitos, barang siapa yang mandi di curug ini maka dia yang belum menikah/berjodoh, maka akan segera di pertemukan jodohnya setelah mendatangi dan berenang di air terjun tersebut.
Apapun mitos dan cerita legendanya yang berkembang dan beredar di masyarakat, kita harus mengakui bahwa keindahan alam yang di ciptakan sungguh luar biasa, dan layak buat kita nikmati.
Lokasi dan Rute Curug Cijalu
Berkunjung ke Curug Cijalu sangat mudah karena akses jalan yang di lalui sudah sangat baik menggunakan kendaraan roda dua sekalipun. Wiata air terjun Curug Cijalu ini berada di desa Cipancar, Serangpajang, Pusakamulya, kiara pedes, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Dari kota Subang berjarak sekitar 37 Km dan memakan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Apabila dari arah Purwakarta berjarak sekitar 40 Km ke arah selatan.
Rute yang di ambil kamu dapat menempuh jalan raya Wanayasa – cagak, kemudian masuk gerbang Kawasan Cijalu. Lalu tidak jauh dari situ akan ada jalan desa yang berjarak 3 Km, menuju wisata curug di sepanjang jalan akan ada hamparan perkebunan teh dan berbagai tanaman hijau lainnya.
Fasilitas Curug Cijalu
Fasilitas di dalam area Curug Cijalu lumayan lengkap, di antaranya:
-Terdapat banyak toilet
-Tersedia mushola untuk beribadah
-Area parkir yang luas dan aman
-Warung makan dan minuman yang banyak
-Toko souvenir, oleh – oleh yang menarik
-Camping Ground
Tips Berwisata
Sebelum berwisata, saya sampaikan beberapa tips dalam mengunjungi Curug Cijalu. Yaitu:
-Sebelum berangkat, kamu harus pastikan mengenai cuaca di luar apakah sedang cerah atau mendung dan akan turun hujan. Karena apabila cuaca buruk seperti hujan misalnya. Perjalanan trip kamu juga akan sangat menyiksa dan melelahkan.
-Menggunakan kaos kaki yang nyaman, sebab kenyamanan kaki adalah nomor 1. Di saat kamu berjalan menapaki jalanan yang berbatu kamu akan terasa kuat walaupun sejauh apa jarak yang di tempuh.
-Tidak lupa untuk membawa pakaian ganti,untuk berjaga – jaga karena yang kamu kunjungi adalah wisata air. Apalagi jika kamu berniat untuk bermalam.
-Selalu menjaga kebersihan serta kelestarian alamnya, agar indah di lihat dan curug pun bersih dan selalu menyegarkan.
-Selalu mengawasi jika kamu membawa anak – anak.
-membawa obat – obatan pribadi apabila itu di perlukan
-dan jangan lupa membawa peralatan foto maupun perekam untuk mengabadikan di setiap momen yang ada.