Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Wisata Gunung Tangkuban Perahu – Ketika berkunjung ke Bandung, rasanya kurang lengkap jika tidak mampir ke Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu. Sepertinya sudah tidak asing lagi dengan Objek wisata yang satu ini, karena semakin hari semakin banyak wisatawan yang berdatangan silih berganti, apalagi ketika musim liburan telah tiba, tempat wisata ini sangat di padati mulai dari pengunjung lokal maupun dari wisatawan mancanegara.

Gunung ini mempunyai ketinggian 2.048 Mdpl, dan merupakan gunung merapi aktif, serta masih sering kali aktif pada catatan terakhir aktif pada tahun 2015. Meskipun begitu, Gunung Tangkuban Perahu ini di katakan tidak terlalu bahaya sehingga merupakan objek wisata yang populer di indonesia, karena di balik indahnya panorama dari gunung ini mempunyai cerita dongeng yang cukup menarik yaitu kisah dari Sangkuriang dan ibunya Dayang Sumbi, dan sampai sekarang kisah tersebut melegenda sampai ke nusantara bahkan mungkin sudah terdengar sampai ke mancanegara.

Kisah Legenda Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu yang kita tahu hanya mempunyai keindahan alam yang alami dan mengeluarkan kawah yang menakjubkan. Namun, di balik keindahan tersebut Tangkuban Perahu ini seringnya di kaitkan dengan cerita Legenda Sangkuriang yang jatuh hati pada ibunya sendiri yaitu Dayang Sumbi. Karena Sangkuriang tidak mempercayai dia adalah ibunya, maka sangkuriang tetap ingin menikahi Dayang Sumbi, namun Dayang Sumbi memberikannya syarat kepada Sangkuriang untuk dapat membangun telaga dan perahu yang di haruskannya hanya di bangun dalam satu malam.

Ketika malam telah berganti pagi, namun usaha Sangkuriang gagal perahu dan telaga tersebut belum jadi. Sangkuriang pun emosi sehingga ia mendang perahu tersebut sampai terbalik. Karena Sangkuriang mempunyai kesaktian yang Luar biasa dengan menendangnya perahu tersebut, yang konon terbentuklah Gunung Tangkuban Perahu. Makannya setelah kita amati Gunung tersebut memang seperti perahu terbalik.

Rute Menuju Lokasi Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Untuk dapat sampai menuju lokasi wisata ini sangat mudah dan terjangkau, selain tidak jauh dari jalan utama ternyata pengunjung yang datang menuju pembayaran tiket akan langsung di suguhkan pemandangan yang indah, seperti adanya hamparan perkebunan teh dan pohon pinus disepanjang jalan.

Apabila kamu ingin berwisata menuju Lokasi Objek Wisata ini dengan menggunakan kendaraan pribadi, ada beberapa pilihan yang bisa kamu pilih, yaitu:

Jakarta jalur Pasteur

Apabila kamu menggunakan jalur Tol, keluar dari pintu tol Pasteur kemudian menuju jalan Dr. Djunjunan – Pasir Kaliki – Sukajadi –Setia Budi – Lembang Bandung Barat dan sampai ke lokasi wisata, karena dari jalan utama akan terpampang jelas Gapura bertuliskan tempat Wisata tersebut.

Jakarta jalur Subang

Apabila kamu dari jakarta melalui jalan tol menuju Cikampek kemudian masuk tol Purbaleunyi lalu Exit di Sadang, dari sadang lanjut ke arah Purwakarta – pasawahan – wanayasa, lalu sampai pada Sagalaherang Subang – Jalan Cagak – Ciater lalu sampai pada perbatasan Cikole akan ada Gapura sebelah kanan bertuliskan tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu tersebut, dan kamu pun telah sampai di lokasi karena tidak jauh dari jalan utama.

Baca Juga:  Wisata Ciater Subang

Dari Bandung Kota

Sementara itu, bagi kamu yang menggunakan transportasi umum dari Bandung pun dapat melalui rute:

Kemudian apabila kamu datang dari stasiun Hall (Bandung), lalu menaiki angkot yang berjurusan Hall – Lembang. Lalu turun di perempatan Lembang – Maribaya, dari situ kamu naik angkot lagi jurusan cikole kemudian turun di pinggir jalan sebelah kiri akan ada Gapura yang bertuliskan Objek Wisata tersebut, dari situ akan ada angkot atau ojek lagi untuk naik ke atas pembayaran tiket masuk.

Lokasi Gunung Tangkuban Perahu

Tempat wisata ini berada di provinsi Jawa Barat, yang sebenarnya Gunung Tangkuban Perahu ini terletak pada paling ujung Bandung Barat dengan jarak 20 KM dari Kota Bandung, tepatnya Kecamatan Cikole sehingga berbatasan tepat dengan Kabupaten Subang. Dengan kata lain Gunung tersebut menempati antara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Subang.

Kamu dapat berkunjung ke Objek Wisata ini yang berada di Kelurahan Cikahuripan, Kec. Lembang, Kab. Bandung, Jawa Barat.

Karena objek wisata ini sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara, maka dari itu tidak heran apabila di akhir pekan musim liburan objek wisata ini sangat di padati oleh pengunjung.

Kawah yang ada di Gunung Tangkuban Perahu

Ketika kamu mengunjungi Objek Wisata ini, kamu akan di perlihatkan keindahan berbagai kawahnya yang telah di terbagi menjadi beberapa bagian yaitu:

Kawah Ratu

Merupakan kawah utama dari kawah yang lainnya dan kawah ini termasuk kawah yang paling besar dan cantik. Pada kawasan ini terdapat area parkir juga. Dari sinilah kamu dapat menikmati panorama Kawah Ratu. Nampak mudah untuk turun ke bawah tetapi ada beberapa titik yang di larang untuk mendekatinya karena Gas beracun dari kawah tersebut masih sangat berbahaya. Maka dari itu pengunjung di sarankan untuk memakai masker.

Kawah Domas

Lanjut untuk menelusuri Kawah ke dua, yaitu akan di temukan bernama Kawah Domas. Lokasi Kawah ini tidak jauh dari Kawah Ratu, namun sayangnya kawah ini tidak banyak di kunjungi oleh wisatawan, mungkin di karenakan papan namanya yang terlalu kecil membuat tidak terlihat oleh pengunjung, mungkin juga karena pemandangannya yang kurang mempesona dari Kawah Ratu.

Baca Juga:  Wisata Curug Capolaga Subang

Banyaknya yang menghampiri Kawah Domas ini menjadi Alternatif tujuan kedua ketika Kawah Ratu telah padati pengunjung. Di kawah ini juga ada manfaatnya yaitu dapat menyembuhkan penyakit kulit, kamu di perkenankan untuk turun dan bisa mengompres kulit yang hendak di obatin.

Kawah Upas

Yang ke tiga yaitu kawah Upas, Kawah ini lumayan cantik dan terlihat eksotisnya. Pada pelatarannya terdapat lembah dan pohon – pohon kayu tanpa daun yang telah mati itu mempunyai nilai terendiri. Kamu bisa menikmati keindahan Tangkuban Perahu ini akan terlihat semua dari atas Kawah Upas.

kawah ini juga seringnya di jadikan objek untuk prewedding karena memang pemandangannya yang luar biasa. Kawah yang merupakan paling jauh ini namun kamu tidak perlu mendaki, melainkan kamu harus melalui jalur Parongpong, perjalanan ini akan memakan waktu 3 jam. Tetapi jangan khawatir, perjalanan kamu akan sangat menyenangkan karena akan di suguhkan hamparan perkebunan teh di sepanjang sisi jalannya.

Fasilitas Di Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Beriku ini beberapa fasilitas buat para pengunjung selain menikmati keindahan dan panorama gunung tangkuban parahu jika orang sunda menyebutnya.

1. Berkuda

Dari ketiga Kawah tersebut apabila kamu merasa capek untuk berjalan, kamu dapat mengelilingi kawasan wisata ini dengan menaiki kuda yang di sewakan oleh warga sekitar. Harga pada sewaan kudanya yaitu Rp. 50 ribu untuk sekali naik.

2. Kuliner

Tidak perlu khawatir, kamu tidak akan kelaparan selama di tempat wisata ini. Karena terdapat banyaknya warung makan di kawasan wisata ini dengan menyediakan makanan kuliner yang enak dan khas daerah, serta lengkap dengan minuman hangat yang cocok di nikmati saat cuaca yang dingin.

3. Berbelanja

Tidak khawatir juga untuk tidak membawa buah tangan untuk orang di rumah juga. Karena di kawasan wisata ini juga banyak menyediakan penjual dari mulai kerajinan tangan, pernak pernik pajangan dinding, baju, kaos, celana, dan topi.

Tiket Masuk Gunung Tangkuban Perahu

Untuk kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata ini perlu menyediakan dana retribusi untuk tiket masuknya. Harga tiket ke lokasi tersebut di bedakan tergantung wisatawan lokal dengan wisatawan asing.

Wisatawan Lokal

  • Bayar Tiket Perorang : Rp. 15. 000
  • Parkir Mobil : Rp. 10.000
  • Parkir Motor : Rp. 5.000
  • Parkir Bus : Rp. 20.000

Wisatawan Asing

  • Bayar Tiket Perorang : Rp. 50.000
  • Parkir Mobil : Rp. 15.000
  • Parkir Motor : Rp. 7.000
  • Parkir Bus : Rp. 25.000

Penutup

Demikian Ulasan yang bisa kami sampaikan tentang wisata pegunungan yang fenomenal di lembang bandung yaitu gunung tangkuban perahu yang bisa kami sampaikan. Terima kasih dan semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Comment